Kamus Dialek Jakarta Diluncurkan, Kamis

Kamus Dialek Jakarta Diluncurkan, Kamis

JAKARTA — Kamus Dialek Jakarta serta Kamus Ungkapan dan Peribahasa Betawi akan diluncurkan dalam suatu acara yang diselenggarakan di Balai Agung Pemda DKI Jakarta, Kamis (23/7). Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan diskusi yang menampilkan ahli linguistik Universitas, Atmajaya Bambang Kaswanti Purwo dan peneliti Betawi Foundation, JJ Rizal. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo juga akan hadir untuk menyampaikan pengantar diskusi yang dilengkapi dengan kisah proses kreatif dari Abdul Chaer, penyusun kamus tersebut.

Direktur Betawi Foundation, Beky Mardani, di Jakarta, Rabu (22/7) mengatakan, dengan terbitnya kamus tersebut, Jakarta dan warganya diuntungkan. Itu karena kamus yang komprehensif ini bukan saja menjadi pegangan penting dalam penggunaan dialek Jakarta yang ngetren itu, tapi juga menjauhi pemakainya dari kekacauan ngomong Jakarta seperti yang kini banyak terjadi. “Bahkan, berkat kamus ini pula tergambar keanekaan dan kekayaan tradisi budaya masyarakat Jakarta,” kata Beky yang juga Ketua III Bamus Betawi.

Menurut dia, dua kamus dalam satu bungkus itu mempunyai dua manfaat. Pertama, manfaat idiil karena merupakan usaha untuk memelihara salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia. Kedua, manfaat praktis karena kamus itu berguna bagi setiap orang yang ingin tahu lebih banyak tentang dialek Jakarta yang makin besar peranannya itu.

Ia juga mengatakan, kamus itu berbeda dengan kamus Betawi lain yang ada saat ini. Perbedaan itu karena kamus ini disusun oleh ahlinya yang juga dosen Bahasa Indonesia serta lebih lengkap dengan jumlah entri lebih dari 10.000-an dan penyusun memahami konteksnya. Kamus itu pertama kali diterbitkan pada 1976 dan kamus revisinya dilengkapi dengan ungkapan dan peribahasa Betawi. “Jadi kamus ini lebih lengkap,” kata Beky.

Betawi Foundation merupakan organisasi yang dibentuk sebagai perwujudan komitmen terhadap riset dan penerbitan karya intelektual tentang Betawi dan Jakarta.


Sumber: https://www.republika.co.id/berita/shortlink/64160

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>