Hiroshima Ketika Bom Dijatuhkan

Hiroshima Ketika Bom Dijatuhkan

Hiroshima: Ketika Bom Dijatuhkan

Kalau katanya Sapardi Djoko Damono di buku Bilang Begini Maksudnya Begitu

Dan sebenarnya memang tidak ada perbedaan yang hakiki antara fakta dan fiksi—kalau sudah dialihkan menjadi tulisan, fakta akan segera berubah menjadi fiksi. Semua berita di koran itu fiksi adanya: suatu peristiwa yang ditulis menjadi sebuah berita selalu dilihat dari sudut pandang tertentu oleh yang melaporkannya dan ketika menuliskannya ia sedikit banyak menyertakan pandangan atau pikirannya atau perasaannya tentang peristiwa tersebut. Dengan demikian pada hakikatnya berita yang dikatakan fakta itu telah berubah menjadi fiksi. (hal. 6)

Di sini konteksnya Pak Sapardi sedang membahas sebuah ‘mitos’ yang mengatakan bahwa berita itu ‘nyata’ dan fiksi hanya ‘angan-angan’.

Ini jugalah yang dieksplorasi oleh John Hersey dalam hasil wawancaranya dengan para penyitas bom Hiroshima, sebuah peristiwa besar yang juga memengaruhi sejarah kemerdekaan Indonesia.

Dalam Hiroshima, Hersey menceritakan ulang apa yang dialami oleh enam orang yang berada di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Berbagai orang dari berbagai latar belakang (dokter, juru tulis, pendeta, hingga ibu rumah tangga) memberikan sudut pandangnya pada hari nahas itu. Sudut pandang itu diolah sedemikian rupa sehingga “Hiroshima” ini justru terlihat lebih mirip novel daripada reportase.

Tapi, karena ini pada dasarnya adalah laporan hasil wawancara, tentu saja ada beberapa hal yang membuatnya terbatas jika dibandingkan dengan novel pada umumnya. “Hiroshima” ini terikat pada apa yang dilaporkan oleh para saksi matanya. Tidak ada momen yang didramatisasi (walau seluruh kisahnya sendiri memang sudah dramatis). Dari segi emosi juga hanya bisa ditampilkan apa yang keenam orang itu sampaikan.

Secara keseluruhan, “Hiroshima” ini adalah sebuah buku non fiksi yang menarik. Cara penyampaiannya lain daripada yang lain. John Hersey menyampaikan efek dari salah satu senjata paling mematikan dalam perang dengan cara yang membekas.


Sumber: https://www.goodreads.com/review/show/1444937548

Resensi Hiroshima: Ketika Bom Dijatuhkan
Biondy Alfian
Kontributor goodreads.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>