Diskusi Majapahit Sepanjang Waktu

Diskusi Majapahit Sepanjang Waktu

Komunitas Bambu bekerjasama dengan Perum LKBN Antara akan menggelar diskusi “Majapahit; Masa Akhir, Pencapaian dan Masa Akhir” pada Jum’at, 14 Mei 2010 pukul 14.00-16.00 di Ruang Rapat Utama, Lt.19 Wisma Antara, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 17 Jakarta. Diskusi ini menampilkan pembicara  Prof. Mundardjito (Guru Besar UI), Hasan Djafar (Penulis Masa Akhir Majapahit) dan dimoderatori  Fadly Kurniawan (Editor Ibukota Majapahit dan Masa Akhir Majapahit)

Tema diskusi ini berangkat dari buku terbitan Kobam yang berjudul Ibukota Majapahit; Masa Jaya dan Pencapaian karya Agus Aris Munandar, Gajah Mada: Biografi Politik karya Agus Aris Munandar, dan Masa Akhir Majapahit; Girîndrawarddhana dan Masalahnya karya Hasan Djafar

Majapahit adalah salah satu kerajaan besar yang pernah ada di Nusantara. Kerajaan Majapahit berdiri abad ke-13 dengan dinobatkannya Raden Wijaya menjadi raja dengan gelar Kertarajasa Jayawadhana. Masa gemilang Majapahit terjadi pada abad ke-14 dalam masa pemerintahan Hayam Wuruk dengan mahapatihnya, Gajah Mada. Sumpah Palapa yang diucap oleh Gajah Mada merupakan tekadnya untuk menyatukan wilayah Nusantara di bawah panji Kerajaan Majapahit. Hal tersebut didukung sepenuhnya oleh penguasa dan rakyat Majapahit.

Keistimewaan Hayam Wuruk dan Gajah Mada adalah menggunakan jalur diplomasi untuk menguasai wilayah kerajaan lain, bukan dengan cara penaklukkan seperti yang lumrah dilakukan pada masa itu. Terbukti wilayah penguasaan Kerajaan Majapahit sampai mencakup hampir seluruh wilayah Asia Tenggara sekarang. Namun, ada satu peristiwa yang mencoreng citra baik mereka, Perang Bubat. Lebih tepatnya disebut pembantaian keluarga Kerajaan Padjadjaran.

Masa jaya Majapahit ternyata tidak berlangsung lama. Memasuki awal abad ke-16, Majapahit mengalami kemunduran. Banyaknya konflik internal dan kuatnya peranan daerah pesisir, terutama Kerajaan Islam Demak semakin memperlemah Kerajaan Majapahit. Alhasil, keluarga kerajaan itu melarikan diri. Girîndrawarddhana adalah Raja Majapahit di masa-masa yang sulit dan penuh pertengkaran itu. Pembahasan mengenai Kerajaan Majapahit di masa awal, segala pencapaian dan masa akhir kerajaan tersebut merupakan hal yang tidak akan lekang oleh waktu.

Adalah menarik memperbincangkan Majapahit dengan berangkat dari buku Ibukota Majapahit: Masa Jaya dan Pencapaian karya Agus Aris Munandar, Gajah Mada: Biografi Politik karya Agus Aris Munandar dan buku Masa Akhir Majapahit: Girîndrawarddhana dan Masalahnya karya Hasan Djafar. Tiga buku ini memberikan secara gamblang tentang Kerajaan Majapahit pada masa awal, masa pencapaian dan masa akhirnya. Pembahasan mengenai letak sebenarnya Ibukota Majapahit juga menarik. Ketiganya memang hadir untuk menjawab pertanyaan penting seputar awal berdirinya Majapahit, tentang isu perebutan tahta, Raja Majapahit terakhir dan waktu keruntuhan Kerajaan Majapahit.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2010/05/12/03104184/Diskusi.Majapahit.Sepanjang.Waktu-3

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>