Buku Tentang Mochtar Naim Diluncurkan di Padang

Buku Tentang Mochtar Naim Diluncurkan di Padang

Antaranews.com


Padang, (ANTARA) – Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) angkatan 1982 meluncurkan buku berjudul Mochtar Naim Merantau Sepanjang Masa di Padang, Kamis.

Buku yang berisi pandangan berbagai kalangan terhadap sosok Mochtar Naim tersebut diterbitkan dalam rangka memperingati usia ke-80 sosiolog asal Sumatra Barat itu, kata Panitia Pelaksana Elfrisdat di Padang.

Ia mengatakan, buku tersebut merupakan persembahan dari mahasiswa Mochtar Naim sebagai syukuran memasuki usia 80 tahun.

Buku setebal 382 halaman itu, berisi pandangan berbagai kalangan terhadap sosok Mochtar Naim yang dikenal sebagai seorang akademisi di Universitas Andalas, anggota MPR hingga anggota DPD RI asal Sumatera Barat.

Menurutnya, Mochtar Naim merupakan sosok seorang guru yang tidak memiliki jarak dengan mahasiswanya.

Jika seorang guru terlalu dekat dengan mahasiswa maka akan cenderung kehilangan sisi kewibawaan, namun Mochtar Naim berada pada garis yang tepat tanpa membuat orang kehilangan rasa hormat, kata dia.

Sementara, mantan Rektor Universitas Andalas Prof Fachri Ahmad menilai Mochtar Naim merupakan sosok yang konsekuen dengan pemikiran yang digagasnya.

Mochtar tidak berbicara banyak dan lebih banyak menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dan konsekuen dengan ide yang dilontarkan terlepas diterima atau ditolak publik, kata dia.

Dikatakannya, Mochtar merupakan figur yang berpikir progresif, yaitu mampu memikirkan persoalan yang terjadi kemarin, hari ini dan yang akan datang dengan pandangan yang utuh.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memandang Mochtar Naim merupakan orang minang sejati yang mampu mengaktualkan jati diri Minangkabau.

Mochtar Naim lahir di Sungai Penuh, Kerinci, Jambi, 25 Desember 1932 dan dikenal sebagai sosiolog serta ahli Minangkabau.

Ia menulis disertasi di University of Singapore, berjudul Merantau: Minangkabau Voluntary Migration yang menjadi rujukan bagi pengamat Minangkabau dalam melihat pola hidup dan penyebaran masyarakat Minangkabau di seluruh dunia.

Pada kesempatan itu juga diluncurkan website pribadi Mochtar Naim yang berisi kumpulan tulisan dan pemikiran dengan alamat www.mochtar-naim.com.

Sumber: https://sumbar.antaranews.com/berita/15808/buku-tentang-mochtar-naim-diluncurkan-di-padang

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>