William Montgomery Watt

William Montgomery Watt

William Montgomery Watt (lahir 14 Maret 1909 di Ceres, Fife, Skotlandia – wafat 24 Oktober 2006; Edinburgh, Skotlandia) adalah seorang pakar studi-studi keislaman dari Britania Raya, dan salah seorang orientalis serta sejarawan utama tentang Islam di dunia Barat.

Montgomery Watt adalah seorang profesor Studi-studi Arab dan Islam di Universitas Edinburgh antara 1964-1979. Ia juga pernah menjadi profesor tamu di Universitas Toronto, College de France, Paris, dan Universitas Georgetown; serta menerima gelar kehormatan Doctor of Divinity dari Universitas Aberdeen.

Dalam hal kerohanian, Montgomery Watt adalah pendeta (reverend) di Gereja Episkopal Skotlandia, dan pernah menjadi spesialis bahasa bagi Uskup Yerusalem antara 1943-1946. Ia menjadi anggota gerakan ekumenisme “Iona Community” di Skotlandia pada 1960. Beberapa media massa Islam pernah menjulukinya sebagai “Orientalis Terakhir”.

Montgomery Watt meninggal di Edinburgh pada 24 Oktober 2006, saat usia 97 tahun.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>