2013 Arsip : Komunitas Bambu https://komunitasbambu.id/tahun-terbit/2013/ Toko Buku Online. Sat, 06 Apr 2024 04:50:42 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.3.4 https://komunitasbambu.id/wp-content/uploads/2018/12/komunitasbambu-280x280-100x100.jpg 2013 Arsip : Komunitas Bambu https://komunitasbambu.id/tahun-terbit/2013/ 32 32 SEMANGAT BARU: Kolonialisme, Budaya Cetak, dan Kesastraan Sunda Abad Ke-19 (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/semangat-baru-kolonialisme-budaya-cetak-dan-kesastraan-sunda-abad-ke-19/ https://komunitasbambu.id/product/semangat-baru-kolonialisme-budaya-cetak-dan-kesastraan-sunda-abad-ke-19/#respond Tue, 23 Apr 2019 09:41:09 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6037 Buku ini membahas mengenai penggunaan bahasa Sunda pada zaman penjajahan Belanda.

The post SEMANGAT BARU: Kolonialisme, Budaya Cetak, dan Kesastraan Sunda Abad Ke-19 (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku ini menguak bagaimana bahasa Sunda “ditemukan”, “dimurnikan” dan “didayagunakan” oleh Belanda dengan ide kolonialisnya atau bagaimana dampak melek aksara dan melek cetak terhadap pembentukan ilmu pengetahuan baru. Uraian di dalamnya juga memberikan gambaran yang rinci bagaimana suku Sunda menggeliat meniti gelombang modernitas yang melanda Nusantara pada paruh abad ke- 19, dan merasa sederajat dengan bangsa-bangsa lain di Barat.


Testimoni

“…studi Mikihiro Moriyama telah membuka mata kita tentang apa yang terjadi dan berkembang secara mendetail dalam salah satu bidang kehidupan masyarakat Sunda sepanjang abad ke-19. Pengetahuan tersebut akan memperjelas pemahaman perkembangan selanjutnya dan pertimbangan apa yang seyogyanya dilakukan sekarang dan masa datang.” – Edi S. Ekadjati, Sejarawan

The post SEMANGAT BARU: Kolonialisme, Budaya Cetak, dan Kesastraan Sunda Abad Ke-19 (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/semangat-baru-kolonialisme-budaya-cetak-dan-kesastraan-sunda-abad-ke-19/feed/ 0
SINGGIREI RUMAGESAN: Pejuang Integrasi Papua (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/singgirei-rumagesan-pejuang-integrasi-papua/ https://komunitasbambu.id/product/singgirei-rumagesan-pejuang-integrasi-papua/#respond Tue, 23 Apr 2019 02:55:47 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6007 Biografi Machmud Rumagesan, pejuang integrasi Papua yang sangat berani menentang Pemerintah Kolonial Belanda dan membantu Pemerintah Republik untuk memperjuangkan pembebasan Irian Barat serta sehingga kembali ke Indonesia .

The post SINGGIREI RUMAGESAN: Pejuang Integrasi Papua (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Machmud Rumagesan merupakan pejuang integrasi Papua, yang sangat berani menentang Pemerintah Kolonial Belanda. Keberaniannya menentang Pemerintah Kolonial telah mengantarkannya ke beberapa penjara, seperti Saparua, Sorong Doom, Manokwari, Hollandia (sekarang Jayapura), dan Makassar. Pada 1953 Machmud Rumagesan mendirikan organisasi pembebasan Irian Barat di Makassar, Gerakan Tjenderawasi Revolusioner Irian Barat (GTRIB), yang bertujuan membantu Pemerintah Republik untuk memperjuangkan pembebasan Irian Barat dari cengkeraman Kolonial Belanda. Dalam Kongres Nasional untuk perdamaian di Jakarta pada 24-29 Januari 1955 dalam sidang Dewan Nasional pada 1957, Beliau menyerukan agar Irian Barat harus kembali ke Indonesia.

The post SINGGIREI RUMAGESAN: Pejuang Integrasi Papua (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/singgirei-rumagesan-pejuang-integrasi-papua/feed/ 0
SEJARAH SUMATERA (Cet-2) https://komunitasbambu.id/product/sejarah-sumatra/ https://komunitasbambu.id/product/sejarah-sumatra/#respond Mon, 22 Apr 2019 09:38:21 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6002 Karya klasik ini membahas sejarah Sumatra secara lengkap disertai gambar-gambar.

The post SEJARAH SUMATERA (Cet-2) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Sejak pertama kali terbit pada 1783, buku Sejarah Sumatra memukau dan dipujikan sebagai karya ensiklopedik yang jempolan. Walaupun sesudahnya banyak buku tentang Sumatra terbit, karya William Marsden ini tetap istimewa serta dirujuk sejagat sebagai karya klasik yang monumental. Dalam penerbitan kedua Sejarah Sumatra ini dilakukan penerjemahan ulang mengacu secara ketat pada edisi ketiga yang dinyatakan Marsden paling lengkap. Kekuatan redaksionalnya semakin afdol karena ada penambahan banyak gambar sezaman yang tidak ada di dalam buku aslinya. Ini bukan saja akan menguatkan imajinasi historis pembaca, tetapi lebih jauh lagi, buku ini mampu membawa pembaca memasuki terowongan waktu untuk berkelana di Pulau Sumatra dalam suasana abad ke-18 yang saat itu adalah pulau yang masih diliputi misteri.

Testimonial

“Walaupun banyak karya tentang Sumatra, namun karya klasik Marsden itu tetap istimewa. Nama Marsden melambung dan dikenang tak lain karena The History of Sumatra yang telah menjadi rujukan sejagat.” –Basyral Hamidi Harahap, Pemerhati masalah sosial budaya Mandaling, penulis buku Greget Tuanku Rao

 

The post SEJARAH SUMATERA (Cet-2) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/sejarah-sumatra/feed/ 0
SEJARAH ASIA TENGGARA: Dari Masa Prasejarah sampai Kontemporer (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/sejarah-asia-tenggara-dari-masa-prasejarah-sampai-kontemporer/ https://komunitasbambu.id/product/sejarah-asia-tenggara-dari-masa-prasejarah-sampai-kontemporer/#respond Tue, 16 Apr 2019 02:30:39 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=5994 Lima pakar sejarah bekerja sama untuk mengkaji sejarah politik, sosial, ekonomi, agama, dan budaya Asia Tenggara.

The post SEJARAH ASIA TENGGARA: Dari Masa Prasejarah sampai Kontemporer (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku Sejarah Asia Tenggara: Dari Masa Prasejarah sampai Kontemporer yang baru dan komprehensif ini mencakup periode panjang, yaitu mulai dari zaman prasejarah sampai tahun 2000-an. Sejarawan M.C. Ricklefs menggandeng empat sejarawan lainnya yang menjadi rekan kerjanya di National University of Singapore. Mereka adalah para pakar utama Asia Tenggara dalam lingkup sejarah politik, sosial, ekonomi, agama, dan budaya.

Tim yang terdiri dari lima penulis ini menampilkan karya ensiklopedik dengan narasi terpercaya dan mudah dicerna, menggunakan hasil-hasil penelitian mutakhir dengan sumber-sumber lainnya yang kaya dan rinci. Kerja bersama yang memukau ini merupakan kontribusi penting terhadap kajian Asia Tenggara.


“Kajian Asia Tenggara dengan tingkat kedalaman dan keluasan jauh melampaui karya serupa yang pernah dikerjakan D.G.E. Hall sekitar 55 tahun lalu. Suatu kajian dengan wacana intelektual terkini, rangkaian masalah penelitian yang aktual dan instrumen-instrumen terbaru yang tidak hanya berfungsi sebagai informasi, tetapi juga motivasi bagai generasi yang akan datang ihwal sejarah Asia Tenggara yang kompleks dan kaya. Tidak diragukan lagi, naskah sejarah ini merupakan pencapaian historis tersendiri.” Victor Lieberman, Profesor sejarah, Universitas Michigan, USA

The post SEJARAH ASIA TENGGARA: Dari Masa Prasejarah sampai Kontemporer (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/sejarah-asia-tenggara-dari-masa-prasejarah-sampai-kontemporer/feed/ 0
KALIMANTAN TEMPO DOELOE (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/kalimantan-tempo-doeloe/ https://komunitasbambu.id/product/kalimantan-tempo-doeloe/#respond Fri, 08 Mar 2019 08:56:37 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5955 Berisikan cerita-cerita mengenai Kalimantan lebih dari 400 tahun, buku ini menjelajahi hutan, aneka flora dan fauna, serta budaya masyarakat Kalimantan.

The post KALIMANTAN TEMPO DOELOE (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Sejarah lebih dari 400 tahun Kalimantan terangkum dalam buku ini. Dimulai dari kisah Antonio Pigafetta yang menulis pada abad ke-16 dan menjadi gambaran pertama serta terbaik mengenai Kesultanan Brunei sampai dengan Eric Hansen yang bertualang mengelilingi hutan dengan berjalan kaki pada 1980-an. Kisah-kisah di sini mengungkap keajaiban hutan hujan khatulistiwa; hewan dan tumbuhan yang kaya, sungai-sungai besar yang deras dan dalam, pegunungan serta suku-suku yang menghuni Kalimantan. Kesaksian tentang praktik perburuan kepala, perang antarsuku, juga perompakan dan perampasan di pesisir menarik diikuti. Termasuk karakteristik budaya barbarisme dan hal-hal menakjubkan seperti pengorbanan binatang, ritual pemakaman, hiasan badan yang mencolok, seperti tato, manik-manik, hiasan telinga, dan hiasan kepala dari bulu.

The post KALIMANTAN TEMPO DOELOE (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/kalimantan-tempo-doeloe/feed/ 0
JULIA’S JIHAD: Tales of the Politically, Sexually and Religiously Incorrect: Living In the Chaos of the Biggest Muslim Democracy (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/julias-jihad-tales-of-the-politically-sexually-and-religiously-incorrect-living-in-the-chaos-of-the-biggest-muslim-democracy/ https://komunitasbambu.id/product/julias-jihad-tales-of-the-politically-sexually-and-religiously-incorrect-living-in-the-chaos-of-the-biggest-muslim-democracy/#respond Fri, 08 Mar 2019 08:14:28 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5953 Buku ini mengurai habis peran negara terhadap perempuan beserta stereotipe dan pengebirian hak terhadapnya. Semangat feminisme begitu lantang disuarakan di sini.

The post JULIA’S JIHAD: Tales of the Politically, Sexually and Religiously Incorrect: Living In the Chaos of the Biggest Muslim Democracy (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Does the proliferation of jilbabs (headscarves) in Indonesia since 1998 mean the nation has gone hardline? How did democracy happen in Indonesia, which has the largest population of Muslims in the world, and will it stick? Is the term ‘Muslim feminist’ an oxymoron? Do Muslims even like sex?

Julia’s Jihad provides the answer to these questions and much, much more: how the nation struggles to maintain the ‘unity in diversity’ of its 300 ethnic groups; how it practices ‘political cannibalism’ to deal with to its human rights problems; how environmentally we ‘burn our own house down’, and a whole lot of the other weird and wacky things that make Indonesia the fascinating bundle of contradictions it is.

Testimoni

Buku ini merupakan kumpulan esai pemikiran Julia selama 8 tahun yang pernah dimuat di The Jakarta Post dan majalah Tempo edisi bahasa Inggris. Tulisan Julia terasa tajam dan segar saat mengupas kompleksitas permasalahan di negeri ini. Mulai dari identitas wanita muslim, gerakan sosial, kebijakan publik, tradisi, kapitalisasi agama, hingga hak asasi manusia. Anda juga akan tersenyum-senyum sendiri saat menemukan selipan humor yang satir di dalam bahasan yang serius. Pas untuk Anda yang mencari bacaan alternatif dan menawarkan sudut pandang berbeda. – Femina.co.id

Julia is not just a critical feminist, but also a true humanist. She moves us to sincerely respect our fellow human beings and the plurality of culture and religion as certainties, and even sources of peace. – Musdah Mulia, Professor, postgraduate studies at UIN Jakarta

Julia’s Jihad is jihad in fourth gear in the struggle for openness, rationality, humanity and, naturally, woman—all spiced with a big dose of humor and wit that shakes up the reader. Reading Julia, you keep on laughing until you suddenly realize that what she is writing about is not funny but very, very serious. – Frans Magnis Suseno, professor, Driyakara School of Philosophy

The post JULIA’S JIHAD: Tales of the Politically, Sexually and Religiously Incorrect: Living In the Chaos of the Biggest Muslim Democracy (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/julias-jihad-tales-of-the-politically-sexually-and-religiously-incorrect-living-in-the-chaos-of-the-biggest-muslim-democracy/feed/ 0
JAWA TEMPO DOELOE: 650 Tahun Bertemu Dunia Barat 1330-1985 (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/jawa-tempo-doeloe-650-tahun-bertemu-dunia-barat-1330-1985/ https://komunitasbambu.id/product/jawa-tempo-doeloe-650-tahun-bertemu-dunia-barat-1330-1985/#respond Fri, 08 Mar 2019 08:05:26 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5952 Rush menjabarkan kondisi geografis dan masyarakat Jawa dalam kurun 650 tahun.  Buku ini memperlihatkan bagaiamana Jawa bertransformasi dari kerajaaan-kerajaan sampai menjadi pusat Indonesia.

The post JAWA TEMPO DOELOE: 650 Tahun Bertemu Dunia Barat 1330-1985 (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku ini memuat sejumlah catatan penting bagi siapa saja yang ingin mengetahui 650 tahun sejarah Pulau Jawa dalam arti luas. Pakar sejarah James Rush dari University State of Arizona di Amerika telah memilih dan merangkai kisah-kisah yang didedahkan mengenai Jawa dengan kota-kota serta pedesaannya oleh 35 pengelana Barat. Mulai dari masa-masa paling awal kontak bangsa Barat dengan Jawa pada 1330-an sampai dengan pertengahan 1980-an.

Hasilnya sebuah cerita yang kaya gaya dan warna serta cara pandang dalam menemukan Jawa. Meskipun tidak menceritakan sejarah Jawa secara runtun dan secara geografis tiap daerahnya lengkap dibahas, buku ini memuat topik-topik yang mampu memperlihatkan bagaimana Jawa bertransformasi dari masa-masa kerajaan yang istananya digambarkan berlimpah emas kemudian jatuh menjadi jajahan Belanda dan muncul kota-kota baru, lantas berubah pada abad ke-20 menjadi pusat Indonesia.

The post JAWA TEMPO DOELOE: 650 Tahun Bertemu Dunia Barat 1330-1985 (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/jawa-tempo-doeloe-650-tahun-bertemu-dunia-barat-1330-1985/feed/ 0
GOLKAR : Sejarah Yang Hilang, Akar Pemikiran & Dinamika (cet-1) https://komunitasbambu.id/product/golkar-sejarah-yang-hilang-akar-pemikiran-dinamika/ https://komunitasbambu.id/product/golkar-sejarah-yang-hilang-akar-pemikiran-dinamika/#respond Tue, 05 Mar 2019 09:26:32 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5923 Buku ini mengurai sejarah panjang Golkar dan menelusurinya selama 70 tahun dari masa-masa awal yang jarang dibahas. Golkar digunakan Angkatan Darat dan para sekutunya sebagai senjata anti-PKI juga anti-Sukarno.

The post GOLKAR : Sejarah Yang Hilang, Akar Pemikiran & Dinamika (cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku ini mengurai sejarah panjang Golkar. Sejarawan David Reeve menelusuri 70 tahun Golkar dari masa-masa paling awal Golkar yang jarang dibahas. Golkar baginya tidak lahir pada 1964, tetapi bermula dari gagasan integralistik kolektivis buah pemikiran Supomo, Sukarno, dan Ki Hadjar Dewantoro 1940-an 1950-an. Inilah yang menurutnya sumber ilham dan pembentuk organisasi-organisasi golongan karya. Tapi, kemunculan Golkar masih harus menunggu sampai sistem partai didiskreditkan pada pertengahan 1950-an.

Di sinilah Golkar naik ke panggung politik bersama gagasan Sukarno mengubur partai-partai. Sukarno mendorong menggantikan partai-partai dengan Golkar yang saat itu disebut golongan fungsionil dan pada 1959 di-Sansekertakan menjadi Golongan Karya serta diambil alih Angkatan Darat. Tapi, sejak 1959 itu pula gagasan Golkar digunakan Angkatan Darat dan para sekutunya sebagai senjata anti-PKI juga anti-Sukarno.

The post GOLKAR : Sejarah Yang Hilang, Akar Pemikiran & Dinamika (cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/golkar-sejarah-yang-hilang-akar-pemikiran-dinamika/feed/ 0
BUKAN 350 TAHUN DIJAJAH (Cet-2) https://komunitasbambu.id/product/bukan-350-tahun-dijajah/ https://komunitasbambu.id/product/bukan-350-tahun-dijajah/#respond Wed, 27 Feb 2019 07:07:19 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5908 Buku ini membongkar mitos yang bertahan hingga kini bahwa negara-bangsa Indonesia dijajah selama 350 tahun.

The post BUKAN 350 TAHUN DIJAJAH (Cet-2) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Siapa bilang Indonesia dijajah 350 tahun? Bohong. Mitos belaka. Melalui buku ini G.J. Resink sebagai sejarawan dan ahli hukum internasional sekaligus penyair memaparkan bukti-bukti betapa semua itu kontruksi politik kolonial. Kebohongan 350 tahun dijajah dipopulerkan politisi Belanda dan buku-buku pelajaran sekolah kolonial, tetapi semakin kuat dipercaya sebagai kebenaran sejarah ketika Sukarno dan para pejabat juga politisi kerap menggunakannya dalam pidato-pidato.

Testimoni

Resink berjasa penting memperkenalkan pendekatan hukum internasional dalam menelaah sejarah kolonialisme dan kesimpulan ari penelitiannya mengenai kekuasaan Belanda yang dikatakan selama 350 tahun di Kepulauan Indonesia sebenarnya tak lebih dari mitos politik belaka yang tidak bisa bertahan melawan ujian kebenaran sejarah. – Taufik Abdullah

Dalam buku klasik ini Resink membuktikan sebenarnya Belanda tidak menjajah indonesia selama 350 tahun, tetapi yang menjadi pertanyaan mengapa hal tersebut masih tertulis dalam buku-buku sejarah di sekolah dan sering disebut dalam pidato-pidato?. – Asvi Warman Adam

The post BUKAN 350 TAHUN DIJAJAH (Cet-2) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/bukan-350-tahun-dijajah/feed/ 0
BERPIJAK PADA FILSAFAT : Kumpulan Sinopsis Disertasi Program Pascasarjana Filsafat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/berpijak-pada-filsafat/ https://komunitasbambu.id/product/berpijak-pada-filsafat/#respond Thu, 10 Jan 2019 09:06:15 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5796 Sebuah dokumentasi pencapaian Jurusan Filsafat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

The post BERPIJAK PADA FILSAFAT : Kumpulan Sinopsis Disertasi Program Pascasarjana Filsafat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku ini adalah sebuah dokumentasi pencapaian Jurusan Filsafat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Sebanyak 35 sinopsis disertasi yang dihasilkannya dibentang secara kronologis sejak 1979 sampai 2013. Dari keseluruhan materi penelitian pun tergambar penjelajahan tema kajian yang meliputi bioetika, epistemology, estetika, filsafat antropologi, filsafat politik dan filsafat sosial. Adalah menarik bahwa semua ini menunjukkan suatu kajian filsafat yang sangat luas jangkauannya, mencakup tema lintas disiplin filsafat dengan bidang ilmu lain dan kaitannya dengan masalah-masalah aktual.

The post BERPIJAK PADA FILSAFAT : Kumpulan Sinopsis Disertasi Program Pascasarjana Filsafat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/berpijak-pada-filsafat/feed/ 0