2007 Arsip : Komunitas Bambu https://komunitasbambu.id/tahun-terbit/2007/ Toko Buku Online. Sat, 30 Sep 2023 04:40:37 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.3.4 https://komunitasbambu.id/wp-content/uploads/2018/12/komunitasbambu-280x280-100x100.jpg 2007 Arsip : Komunitas Bambu https://komunitasbambu.id/tahun-terbit/2007/ 32 32 TERANG BULAN TERANG DI KALI: Cerita Keliling Jakarta (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/terang-bulan-terang-di-kali-cerita-keliling-jakarta/ https://komunitasbambu.id/product/terang-bulan-terang-di-kali-cerita-keliling-jakarta/#respond Thu, 25 Apr 2019 04:04:04 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6046 Kumpulan cerpen ini mengangkat kehidupan sosial rakyat kecil Betawi-Jakarta

The post TERANG BULAN TERANG DI KALI: Cerita Keliling Jakarta (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Kumpulan cerpen yang merekam kehidupan sosial rakyat kecil Betawi-Jakarta yang ditulis oleh “orang dalam” yang tumbuh di antara anak-anak Betawi-Jakarta, mengalami suka duka mereka, bergaul akrab dengan mereka, berada di dalam kehidupan mereka. Terasa sekali setiap ceritanya disemangati pengamatan rasa kemanusiaan yang inklusif, merangkul dan memiliki kesadaran kemanusiaan yang satu.


Testiomoni:

“Karya S.M Ardan akan sangat membantu ahli ilmu bahasa dan ilmu bangsa-bangsa dan kemasyarakatan dalam penyelidikannya jika menyangkut Jakarta.” – H.B Jassin, Kritikus Sastra dan pendiri Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin

“S.M. Ardan telah menyuguhkan lukisan yang indah tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Jakarta, bahkan dalam beberapa bagian, mencapai tingkatan sastra yang tinggi.” – Ajip Rosidi, Sastrawan dan kritikus sastra

“S.M. Ardan, tokoh pertama dalam sastra Indonesia modern yang secara sadar mempergunakan dialek Jakarta untuk kepentingan artistik cerita-ceritanya.” – Sapardi Djoko Damono, Guru besar sastra dan bahasa indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI

The post TERANG BULAN TERANG DI KALI: Cerita Keliling Jakarta (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/terang-bulan-terang-di-kali-cerita-keliling-jakarta/feed/ 0
GREGET TUANKU RAO (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/greget-tuanku-rao/ https://komunitasbambu.id/product/greget-tuanku-rao/#respond Tue, 04 Jul 2017 15:36:31 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7353 Benarkah telah terjadi pembantaian besar-besaran yang kejam dan biadab ketika Kaum Paderi masuk Tanah Batak membawa Islam? Buku ini akan mengupasnya secara dalam untuk menjawab pertanyaan itu.

The post GREGET TUANKU RAO (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Bagaimanakah dan kapankah Islam menyebar di Tanah Batak? Apakah Islam baru ke tanah Batak dibawa oleh Kaum Paderi? Benarkah telah terjadi pembantaian besar-besaran yang kejam dan biadab ketika Kaum Paderi masuk Tanah Batak membawa Islam? Lantas siapakah sebenarnya Tuanku Rao, Tuanku Lelo dan Tuanku Tambusai yang disebut-sebut sebagai para panglima perang pendukung ajaran Paderi dari Tuanku Imam Bonjol? Dimana pula posisi Tuanku Imam Bonjol dalam kejahatan kemanusiaan itu, sikap apa yang diambilnya? Semua pertanyaan yang bikin greget itu dijawab dalam buku ini yang ditulis oleh “ensiklopedi berjalan” Tapanuli Selatan, Basyral Hamidy Harahap.

The post GREGET TUANKU RAO (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/greget-tuanku-rao/feed/ 0
SEJARAH PARA PEMBESAR MENGATUR BATAVIA (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/sejarah-para-pembesar-mengatur-batavia/ https://komunitasbambu.id/product/sejarah-para-pembesar-mengatur-batavia/#respond Fri, 13 May 2016 03:55:12 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7182 Menarik bahwa buku ini bukan saja menghidangkan sejumlah data-data unik selama kurang lebih empat abad Jakarta (sejak kedatangan Belanda sampai Jepang tiba), tetapi juga ditulis dengan gaya populer.

The post SEJARAH PARA PEMBESAR MENGATUR BATAVIA (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku karya Mona Lohanda ini memberikan gambaran sejarah politik, khususnya sejarah pembesar atau yang di Jakarta tempo doeloe masyur disebut “orang pangkat-pangkat”. Tetapi yang menarik adalah ia juga telah menyodorkan sejumlah data ihwal kehidupan sosial-budaya “orang pangkat-pangkat” itu. Bahkan masyarakat semasa. Jadilah karya yang merupakan untaian sejarah sosial yang sangat menarik. Bukan saja ada cerita ihwal kehidupan politik dan intrik para Gubernur Jenderal, Kapitan Cina, Kapitan Arab, Komandan Pribumi beserta aparatusnya, tetapi juga kehidupan sehari-hari orang “pangkat-pangkat” dengan istri serta nyai-nyainya, termasuk juga macam-macam kebijakan dan peraturan dari yang baik sampai yang aneh, sehingga bikin penduduk stres.

Membaca buku ini seperti mengikuti Mona Lohanda yang adalah seorang sejarawan sekaligus arsiparis terkemuka bertindak sebagai “tukang cerita” yang memiliki bentuk dan kekuatan khas untuk menyajikan setiap pendengarnya masa lalu dengan kekayaan nuansa.

The post SEJARAH PARA PEMBESAR MENGATUR BATAVIA (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/sejarah-para-pembesar-mengatur-batavia/feed/ 0
ONZE ONG: Onghokham dalam Kenangan (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/onze-ong-onghokham-dalam-kenangan/ https://komunitasbambu.id/product/onze-ong-onghokham-dalam-kenangan/#respond Mon, 09 May 2016 06:51:41 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7015 Ong tak pelak sudah banyak berkontribusi dalam perkembangan studi sejarah Indonesia. Inilah buku yang memuat kumpulan tulisan dari keluarga, rekan, dan kerabat Ong mengenai dirinya, pribadinya, dan pemikirannya.

The post ONZE ONG: Onghokham dalam Kenangan (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Onghokham mendapat seperangkat gelar: sejarawan, kolumnis, intelektual publik, koki, penggila pesta, antiquarian, bahkan pemabuk. Terlahir sebagai Tionghoa peranakan yang “gila Belanda”, kemudian jadi Indonesia terus jadi Jawa dan meninggal sebagai Tionghoa. Ia hidup dalam berbagai pergolakan dari nasionalisme, perang kemerdekaan, modernisme, dan konflik ideologi-ideologi besar. Menghadapi dan mengalami perubahan politik sejak kolonialisme hingga era reformasi kini dan pemikiran pasca modernisme. Ong adalah “pohon sejarah” yang tumbuh dengan akar, dahan, ranting, dan daun-daunnya yang kaya warna. Kekayaan warna hidup itulah yang dalam buku ini diperlihatkan 52 sahabatnya di dalam maupun luar negeri.

The post ONZE ONG: Onghokham dalam Kenangan (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/onze-ong-onghokham-dalam-kenangan/feed/ 0
GLOSARI BETAWI (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/glosari-betawi/ https://komunitasbambu.id/product/glosari-betawi/#respond Mon, 09 May 2016 01:19:51 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6961 Kamus kata-kata, nama, dan peristiwa dari zaman prasejarah hingga zaman moderen.

The post GLOSARI BETAWI (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Kamus kata-kata, nama, dan peristiwa dari zaman prasejarah hingga zaman moderen.

The post GLOSARI BETAWI (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/glosari-betawi/feed/ 0
HIKMAH AL FATIHAH (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/kisah-para-pilot-kamikaze-pasukan-udara-berani-mati-jepang-pada-perang-dunia-ii/ https://komunitasbambu.id/product/kisah-para-pilot-kamikaze-pasukan-udara-berani-mati-jepang-pada-perang-dunia-ii/#respond Mon, 02 May 2016 07:30:38 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6343 Buku ini berisikan pembahasan mengenai makna Surat Al-Fatihah sebagai surat pembuka dan awalan secara luas dan dalam.

The post HIKMAH AL FATIHAH (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku ini mengupas makna Surat Al-Fatihah yang dikenal sebagai Ummul Kitab atau pembukaan kitab secara luas dan mendalam. Ditulis oleh Maulana Abul Kalam Azad—tokoh Islam terkemuka India—selama 27 tahun berada di penjara rezim militer India. Ia mengajak setiap pembaca menyusuri dan menemukan makna serta hikmah terdalam ayat demi ayat, bahkan kalimat serta kata dalam Surah Al-Fatihah.

The post HIKMAH AL FATIHAH (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/kisah-para-pilot-kamikaze-pasukan-udara-berani-mati-jepang-pada-perang-dunia-ii/feed/ 0
KETAWA KETIWI BETAWI: Humor dari Batavia Sampai Jabodetabek (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/ketawa-ketiwi-betawi-humor-dari-batavia-sampai-jabodetabek/ https://komunitasbambu.id/product/ketawa-ketiwi-betawi-humor-dari-batavia-sampai-jabodetabek/#respond Mon, 02 May 2016 07:21:30 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6342 Terkumpul lebih 200 humor dalam pelbagai bentuk, buku ini memperlihatkan kekayaan masyarakat Jakarta yang lain, yakni humor.

The post KETAWA KETIWI BETAWI: Humor dari Batavia Sampai Jabodetabek (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Inilah kumpulan humor yang merupakan “satoe cerita njang betoel kedjadian” di Betawi-Jakarta. Meliputi tema sosial, politik, budaya, dan ekonomi. Termasuk juga humor mengenai tokoh-tokoh terkemuka. Terkumpul lebih 200 humor dalam pelbagai bentuk yang bisa mengocok perut para pembaca sekalian.

The post KETAWA KETIWI BETAWI: Humor dari Batavia Sampai Jabodetabek (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/ketawa-ketiwi-betawi-humor-dari-batavia-sampai-jabodetabek/feed/ 0
KEADAAN JAKARTA TEMPO DOELOE: Sebuah Kenangan 1882–1959 (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/keadaan-jakarta-tempo-doeloe-sebuah-kenangan-1882-1959/ https://komunitasbambu.id/product/keadaan-jakarta-tempo-doeloe-sebuah-kenangan-1882-1959/#respond Sun, 03 Jan 2016 08:26:54 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7339 Ini adalah catatan kesaksian seorang Tionghoa peranakan mengenai kehidupan yang dijalani dan dirasakan di Jakarta. Selain dibangun melalui sudut pandang seorang Tionghoa, buku ini menjadi menarik karena menyoroti hal-hal yang luput dari mata para sejarawan ketika membahas kehidupan masyarakat Kota Jakarta.

The post KEADAAN JAKARTA TEMPO DOELOE: Sebuah Kenangan 1882–1959 (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku kesaksian seorang Tionghoa peranakan mengenai kehidupan masyarakat Jakarta pada abad lalu. Menarik karena penulis buku ini bukan sejarawan, malah seorang jago berburu dan saudagar besar Pasar Baru, tetapi dalam menuliskan pengalamannya di Jakarta Tempo Doeloe kita dikejutkan oleh dimasukkannya aspek-aspek historis yang bahkan sekarang kurang diperhatikan oleh sejarawan, seperti bencana alam, penyakit, makanan, mode pakaian, peralatan-peralatan modern sampai dengan kebiasaan-kebiasaan dan perayaan-perayaan besar yang mentradisi lengkap dengan mitos-mitosnya.

The post KEADAAN JAKARTA TEMPO DOELOE: Sebuah Kenangan 1882–1959 (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/keadaan-jakarta-tempo-doeloe-sebuah-kenangan-1882-1959/feed/ 0
PROFIL ETNIK JAKARTA (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/profil-etnik-jakarta-cetakan-i/ https://komunitasbambu.id/product/profil-etnik-jakarta-cetakan-i/#respond Tue, 17 Nov 2015 04:30:49 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=13369 Inilah buku yang sampai hari ini masih menuai kontroversi. Buku ini menjadi klasik karena wacananya yang tak kunjung usai perihal siapa sebenarnya etnis asli Kota Jakarta.

The post PROFIL ETNIK JAKARTA (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku yang menguak asal-usul penduduk asli Jakarta ini pernah dan masih terus menjadi kontroversi. Terutama bagi Orang Betawi. Riset penulis mengandalkan sejumlah data demografis dan berkesimpulan bahwa penduduk asli Jakarta adalah buah percampuran berbagai etnis (terutama budak) di masa Hindia Timur. Buku ini hadir dengan pengantar yang mencoba mendudukan persoalan asal-usul orang Betawi dengan lebih jembar, dengan data-data dan pendekatan baru dari generasi sejarawan baru.

The post PROFIL ETNIK JAKARTA (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/profil-etnik-jakarta-cetakan-i/feed/ 0
Memikir Ulang Regionalisme https://komunitasbambu.id/product/memikir-ulang-regionalisme/ https://komunitasbambu.id/product/memikir-ulang-regionalisme/#respond Wed, 07 Oct 2015 08:11:26 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7919 Apa yang disajikan dalam buku ini adalah pengalaman menyeluruh Sumatera Barat (Sumatera Tengah) sepanjang dasawarsa 1950-an yang sampai sekarang relatif terluput dari perhatian para ilmuwan sosial umumnya dan sejarawan pada khususnya. Padahal berbagai pengalaman yang dialami warga daerah pada waktu itu sangat menentukan sikap, perilaku, karakter, serta tatanan sosial, politik, ekonomi, dan budaya orang Sumatera […]

The post Memikir Ulang Regionalisme appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Apa yang disajikan dalam buku ini adalah pengalaman menyeluruh Sumatera Barat (Sumatera Tengah) sepanjang dasawarsa 1950-an yang sampai sekarang relatif terluput dari perhatian para ilmuwan sosial umumnya dan sejarawan pada khususnya. Padahal berbagai pengalaman yang dialami warga daerah pada waktu itu sangat menentukan sikap, perilaku, karakter, serta tatanan sosial, politik, ekonomi, dan budaya orang Sumatera Barat dewasa ini. Penelitian mengenai pengalaman Sumatera Barat (Sumatera Tengah) tahun 1950-an memiliki beberapa latar belakang. Salah satu di antaranya adalah adanya kesamaan jiwa zaman dan latar belakang politik, serta budaya masa sekarang dengan dekade tersebut. Karena itu, dengan mempelajari dan mengetahui pengalaman daerah pada masa itu akan bisa dijadikan cermin untuk memahami berbagai kejadian yang berlaku dewasa ini.

The post Memikir Ulang Regionalisme appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/memikir-ulang-regionalisme/feed/ 0