2008 Arsip : Komunitas Bambu http://komunitasbambu.id/tahun-terbit/2008/ Toko Buku Online. Sat, 28 Oct 2023 07:55:31 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.3.4 https://komunitasbambu.id/wp-content/uploads/2018/12/komunitasbambu-280x280-100x100.jpg 2008 Arsip : Komunitas Bambu http://komunitasbambu.id/tahun-terbit/2008/ 32 32 SAMURAI: Sejarah & Perkembangan(Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/samurai-sejarah-perkembangan/ https://komunitasbambu.id/product/samurai-sejarah-perkembangan/#respond Thu, 25 Apr 2019 03:44:04 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6045 Buku ini secara singkat menjabarkan perkembangan serta jejak-jejak kaum samurai mulai dari awal hingga zaman modern.

The post SAMURAI: Sejarah & Perkembangan(Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Samurai adalah karya Paul Varley yang meskipun singkat tetapi mampu melacak jejak evolusi kaum samurai dari asal mulanya hingga ke masa modern. Varley menjelajah sejarah Jepang ribuan tahun yang lalu untuk menganalisa kedudukan kaum samurai sebagai institusi penting dan besar pengaruhnya dalam sejarah Jepang. Kaum samurai berkontribusi penting dalam membuat kekuasaan feodal dan tradisi militeristik Jepang. Bahkan ketika Jepang telah memasuki pintu zaman modern pada akhir abad ke-19 dan kaum samurai kehilangan kekuasaannya, spirit samurai terus hidup di antara masyarakat Jepang.

The post SAMURAI: Sejarah & Perkembangan(Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/samurai-sejarah-perkembangan/feed/ 0
PRAM DAN CINA (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/pram-dan-cina/ https://komunitasbambu.id/product/pram-dan-cina/#respond Tue, 23 Apr 2019 09:20:36 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6031 Buku ini mengangkat hubungan Pram dengan Cina.

The post PRAM DAN CINA (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Seperti apakah hubungan Pram dan Cina? Kurangnya penelisikan mengenai persepsi Pramoedya yang kompleks terhadap Cina sesungguhnya menghalangi kita untuk bisa memahami Pramoedya secara lebih utuh, terutama peran pentingnya dalam gerakan kebudayaan kiri Indonesia selama paruh pertama dekade 1960-an.

The post PRAM DAN CINA (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/pram-dan-cina/feed/ 0
SEBELAS COLEN DI MALAM LEBARAN: Setangkle Cerita Betawi (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/sebelas-colen-di-malam-lebaran/ https://komunitasbambu.id/product/sebelas-colen-di-malam-lebaran/#respond Tue, 23 Apr 2019 07:05:09 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6018 Buku ini adalah kumpulan cerpen Chairil Gibran yang berisikan mitos, folklore, serta pengalaman otentik masyarakat Betawi Jakarta.

The post SEBELAS COLEN DI MALAM LEBARAN: Setangkle Cerita Betawi (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Chairil Gibran Ramadhan dalam cerpen-cerpennya mengolah mitos dan folklor serta menangkap pengalaman otentik masyarakat Betawi-Jakarta menjadi kisah kesaksian, namun dengan nada kegelisahan yang kuat akan keburukan-keburukan nasibnya di tengah metropolis Jakarta. Sastra di tangan CGR bukan saja sebagai belles letters (tulisan indah), lebih jauh lagi sebuah karya yang dapat mengantarkan kepada sejarah sosial Betawi-Jakarta di suatu periode dalam keanekaan budaya dan masyarakatnya.

The post SEBELAS COLEN DI MALAM LEBARAN: Setangkle Cerita Betawi (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/sebelas-colen-di-malam-lebaran/feed/ 0
TOBA NA SAE: Sejarah Lembaga Sosial Politik Abad XIII-XX (Cet-2) https://komunitasbambu.id/product/toba-na-sae-sejarah-lembaga-sosial-politik-abad-xiii-xx/ https://komunitasbambu.id/product/toba-na-sae-sejarah-lembaga-sosial-politik-abad-xiii-xx/#respond Mon, 22 Apr 2019 09:24:20 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=6001 Buku ini menawarkan gambaran antropologi historis orang Batak yang menyeluruh, mulai zaman mitos hingga kejatuhan kolonialisme.

The post TOBA NA SAE: Sejarah Lembaga Sosial Politik Abad XIII-XX (Cet-2) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Gambaran menyeluruh antropologi historis orang Batak tergambar secara komplit dalam buku ini. Sitor menelusuri dan menganalisa Batak dari mulai zaman mitos sampai kejatuhannya oleh kolonialisme pada abad ke-20. Hasilnya adalah suatu contoh inspiratif penulisan history from within (sejarah dari dalam) di tengah dominasi peneliti luar kajian sejarah dan antropologi Batak. Sitor sebagai satu dari pewaris sejarah Batak Toba siap dengan berbagai sumber asing tetapi kekuatannya terutama pada penggunaan sumber-sumber lisan. Hasil penelitian lebih 10 tahun dijahit menjadi narasi bergaya sastra yang enak dan mudah dicerna, namun juga sarat kejutan akan data baru sejarah dan budaya lokal.

Testimoni:

“Karya Sitor ini tidak sekadar menunjukkan ‘mata rantai sejarah Batak yang hilang’. Lebih jauh lagi ia masuk ke dalam dinamika sejarah Batak dan membuka lebih banyak jalan baru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting.” – Johan Angerler, Research Fellow Ethnosystems and Development Studies, Faculty of Science, Leiden University

 

“Contoh inspiratif penulisan history from within (sejarah dari dalam) di tengah dominasi peneliti luar kajian sejarah dan antropologi Batak. Sitor sebagai satu dari pewaris sejarah Batak Toba siap dengan berbagai sumber asing tetapi kekuatannya terutama pada penggunaan sumber-sumber lisan. Hasil penelitian lebih dari 10 tahun dijahit menjadi narasi bergaya sastra. Membaca buku ini jadi mengasyikkan, tidak saja karena bahasanya yang enak dan mudah dicerna, namun juga sarat kejutan akan data baru atas sejarah dan budaya lokal.” – Iskandar P. Nugraha, Department of Indonesian Studies, University of New South Wales, Sydney, Australia 

The post TOBA NA SAE: Sejarah Lembaga Sosial Politik Abad XIII-XX (Cet-2) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/toba-na-sae-sejarah-lembaga-sosial-politik-abad-xiii-xx/feed/ 0
SUMBANGAN ISLAM KEPADA ILMU DAN PERADABAN MODERN (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/sumbangan-islam-kepada-ilmu-dan-peradaban-modern/ https://komunitasbambu.id/product/sumbangan-islam-kepada-ilmu-dan-peradaban-modern/#respond Mon, 22 Apr 2019 08:15:31 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=5999 Buku ini mengulas ilmuwan-ilmuwan Islam, pencapaian mereka, dan pengaruhnya terhadap perkembangan ilmu dan peradaban modern.

The post SUMBANGAN ISLAM KEPADA ILMU DAN PERADABAN MODERN (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku ini bukan saja membukakan mata para pembaca muslim akan kehebatan para ilmuwan Islam dan penemuan-penemuannya yang telah memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan ilmu dan peradaban modern, melainkan juga akan menumbuhkan rasa percaya diri bahwa Islam bukan agama terbelakang seperti demikian banyak dicekokkan oleh banyak pihak. 

Testimoni:

“Manusia modern – sangat tergantung pada obat-obatan, kemahiran dokter, hitungan komputer, dan ramalan-ramalan perencanaan ekonomi – lebih banyak berutang kepada sarjana-sarjana Islam abad pertengahan melebihi yang selama ini disangka. Para ahli kimia, dokter-dokter, ahli ilmu bintang, ahli matematika, ahli ilmu bumi, dan ahli muslimin lainnya, antara abad ke-9 dan ke-14, bukan saja menghidupkan disiplin-disiplin ilmu pengetahua Yunani, melainkan memperluas jangkauannya, meletakkan dan memperkuat dasar-dasar tempat tumpuan bagi terbitnya ilmu pengetahuan modern.” – Desmon Stewart, Early Islam, cetak ulang fotografik 1972, halaman 121. Time-Life International (nederland) N.V

“Tugas utama umat manusia disempurnakan oleh kaum Muslimin, filsuf terbesar, Al-Farabi, seorang Muslim; ahli matematika terbesar, Abu Kamil dan Ibrahim Sinan, kaum Muslimin; ahli ilmu bumi dan ensiklopedis terbesar, Almas’udi, seorang Muslim; ahli sejarah terbesar, Ath-Thabari, masih seorang Muslim.” – George Sarton, Introduction to the History of Science, vol.1, p. 624. The Williams an Wilkins & Coy, Baltimore, 1927

The post SUMBANGAN ISLAM KEPADA ILMU DAN PERADABAN MODERN (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/sumbangan-islam-kepada-ilmu-dan-peradaban-modern/feed/ 0
KENANG-KENANGAN ORANG BANDEL HC (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/kenang-kenangan-orang-bandel/ https://komunitasbambu.id/product/kenang-kenangan-orang-bandel/#respond Fri, 12 Apr 2019 09:05:00 +0000 http://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=5976 Ini adalah memoar yang penting sebab menceritakan situasi perfilman Indonesia sejak 1950-an sampai 1990-an dan latar belakang penulisnya sebagai orang Banten.

The post KENANG-KENANGAN ORANG BANDEL HC (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Sasterawan terkemuka Ajip Rosidi menilai memoar yang ditulis oleh Misbach Yusa Biran ini sangat menarik dan penting. Menarik karena cara mengisahkannya yang gesit dan bernada mengejek diri (walaupun ada rasa bangga di dalamnya). Penting karena dalam memoar ini bukan saja terungkap latar belakang kehidupannya sebagai orang Banten, tetapi juga tentang situasi perfilman Indonesia sejak tahun 1950-an sampai tahun 1990-an.

The post KENANG-KENANGAN ORANG BANDEL HC (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/kenang-kenangan-orang-bandel/feed/ 0
JAKARTA 1960AN: Kenangan Semasa Mahasiswa (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/jakarta-1960-an-kenangan-semasa-mahasiswa/ https://komunitasbambu.id/product/jakarta-1960-an-kenangan-semasa-mahasiswa/#respond Wed, 06 Mar 2019 08:56:47 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5940 Setelah Jakarta 1950-an, Firman kini hadir kembali dengan kenangannya semasa mahasiswa dalam Jakarta 1960-an. Serba-serbi Jakarta kala itu pun jadi sorotan, termasuk soal sejarah gelap G30S 1965.

The post JAKARTA 1960AN: Kenangan Semasa Mahasiswa (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Setelah sukses dengan Jakarta 1950-an, melalui buku ini Firman Lubis kembali mengisahkan kesaksiannya ihwal Jakarta 1960-an. Ia menyajikan keadaan dan komposisi penduduk yang makin beragam dengan rasisme yang muncul juga hilangnya penduduk ras kulit putih. Termasuk suasana lalulintas dan alat transportasi lama maupun yang baru, perubahan fisik kota oleh masifnya pembangunan jalan, gedung dan monumen serta perubahan gaya hidup remaja juga orang tua kota besar Jakarta. Ia pun membeberkan kisah api revolusi dan antineokolonialis serta intrik-aksi politik Demokrasi Terpimpin yang berakhir dengan G30S 1965.

The post JAKARTA 1960AN: Kenangan Semasa Mahasiswa (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/jakarta-1960-an-kenangan-semasa-mahasiswa/feed/ 0
IBUKOTA MAJAPAHIT : Masa Jaya dan Pencapaian (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/ibukota-majapahit-masa-jaya-dan-pencapaian/ https://komunitasbambu.id/product/ibukota-majapahit-masa-jaya-dan-pencapaian/#respond Wed, 06 Mar 2019 04:19:13 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5933 Ihwal pencapaian dan zaman gemilang Majapahit dalam masa pemerintahan Hayam Wuruk. Sejarah dan kebudayaan Majapahit terejawantahkan dengan jernih di sini.

The post IBUKOTA MAJAPAHIT : Masa Jaya dan Pencapaian (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Agus Aris Munandar uku ini adalah kajian terbaru Agus Aris Munandar, ahli sejarah kuno dan arkeologi Indonesia tentang Majapahit, kerajaan dari abad ke-14–15 M yang sampai kini terus hidup dan menarik perhatian banyak orang. Dengan data yang diperoleh secara mutakhir, buku ini menguak sejarah dan kebudayaan zaman Majapahit. Terutama ihwal pencapaianpencapaian zaman gemilang Majapahit dalam masa pemerintahan Hayam Wuruk dan kehidupan keagamaan dalam masa itu yang plural, namun tetap damai dan memainkan peran sebagai unsur kebudayaan penting.

Untuk itu penulis menginterpretasi beberapa karya sastera, candi, arca dan relief yang memungkinkan bukan saja untuk mendapatkan gambaran zaman Majapahit, tetapi juga pencapaianpencapaian yang diraih. Beberapa yang menarik adalah ihwal Gajah Mada serta kekeliruan terhadap makna Sumpah Palapa dan bagaimana kematian Gajah Mada. Lantas penafsiran atas kakawin Nāgarakŗtāgama karya Mpu Prapanca yang membuat kita bisa mengetahui posisi sebenarnya tata letak kota dan Keraton Majapahit zaman Hayam Wuruk.

The post IBUKOTA MAJAPAHIT : Masa Jaya dan Pencapaian (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/ibukota-majapahit-masa-jaya-dan-pencapaian/feed/ 0
BRAGA : Jantung Parijs Van Java https://komunitasbambu.id/product/braga-jantung-parijs-van-java/ https://komunitasbambu.id/product/braga-jantung-parijs-van-java/#respond Fri, 04 Jan 2019 09:27:23 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5785 Runutan cerita dalam buku ini mengajak kita untuk menelusuri lintasan paling mahsyur di Kota Bandung pada awal abad ke-20.

The post BRAGA : Jantung Parijs Van Java appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Runutan cerita dalam buku ini mengajak kita untuk menelusuri lintasan paling mahsyur di Kota Bandung pada awal abad ke-20. Jika pernah kenal “Parijs van Java“ sebagai sanjungan Bandung pada dasawarsa 1930-an, mungkin hanya Jalan Braga yang paling mewakili rupa dari sanjungan itu. Julukannya sebagai “de meest Europeesche winkelstraat van Indie” atau ‘jalan pertokoan paling (bernuansa) Eropa di seluruh Hindia’ menunjukkan bahwa lintasan yang satu ini punya keunikan dan daya tarik yang khas.

The post BRAGA : Jantung Parijs Van Java appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/braga-jantung-parijs-van-java/feed/ 0
NABI MUHAMAD JUGA MANUSIA (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/nabi-muhammad-juga-manusia/ https://komunitasbambu.id/product/nabi-muhammad-juga-manusia/#respond Fri, 04 Jan 2019 09:19:12 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5784 Bersama buku ini Anda diajak mengembara bersama seorang manusia, seorang Rasul Allah. Mudah-mudahan, berkat beliau, Allah SWT meningkatkan nilai hidup ini.

The post NABI MUHAMAD JUGA MANUSIA (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Kalau Muhammad bukan Rasul, niscaya beliau manusia luhur setingkat dengan Rasul. Muhammad adalah manusia agung yang kedewasaannya telah melampaui batas zat. Bahkan, kedewasaan dan keagungan Muhammad itu tidak terikat tempat dan waktu. Keagungan pribadi Muhammad itu pulalah yang menyebabkan kaum mukminin setia padanya.

Buku ini menampilkan sosok manusiawi dan watak manusia Nabi Muhammad. Dengan segala akal dan reaksinya, dengan segala kesederhanaan dan kewajarannya, watak manusiawi ini membuat siapapun akan senang dan kagum. Rasa senang ini muncul karena Muhammad berasal dari jenis seperti kita serta bagian dari kita. Manusia telah dianugerahi kehormatan besar karena mampu melahirkan model budi luhur yang begitu agung.

The post NABI MUHAMAD JUGA MANUSIA (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/nabi-muhammad-juga-manusia/feed/ 0