2006 Arsip : Komunitas Bambu https://komunitasbambu.id/tahun-terbit/2006/ Toko Buku Online. Sat, 30 Sep 2023 04:32:41 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.3.4 https://komunitasbambu.id/wp-content/uploads/2018/12/komunitasbambu-280x280-100x100.jpg 2006 Arsip : Komunitas Bambu https://komunitasbambu.id/tahun-terbit/2006/ 32 32 CERITA DARI GEDUNG ARCA : Serba Serbi Museum Nasional Jakarta (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/cerita-dari-gedung-arca-serba-serbi-museum-nasional-jakarta/ https://komunitasbambu.id/product/cerita-dari-gedung-arca-serba-serbi-museum-nasional-jakarta/#respond Wed, 27 Feb 2019 09:14:19 +0000 http://bukusejarahbudaya.com/?post_type=product&p=5911 Membaca buku ini dapat dirasakan bahwa museum itu bukanlah seperti yang bertahun-tahun belakangan ini dicitrakan, yaitu suatu tempat yang ganjil dan membosankan.

The post CERITA DARI GEDUNG ARCA : Serba Serbi Museum Nasional Jakarta (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Buku ini merekam perjalanan sejarah Gedung Arca, nama julukan Museum Nasional Jakarta yang pernah populer tempo doeloe, dalam pelbagai dimensi. Bukan saja asal mulanya, rupa-rupa koleksinya lengkap dengan tips-tips mengenali keaslian benda-benda kuno, tetapi juga kisah-kisah para pengurus dan pengunjungnya yang heroik, unik, lucu dan menyedihkan. Membaca buku ini dapat dirasakan bahwa museum itu bukanlah seperti yang bertahun-tahun belakangan ini dicitrakan, yaitu suatu tempat yang ganjil dan membosankan.

Testimoni

Wahyono, yang sudah malang melintang di Museum ini selama lebih dari 36 tahun, dalam buku ini ia memandang museum tersebut dari berbagai sudut, yaitu sudut orang-orangnya (human interest), sudut koleksinya yang beragam, dan sudut museumnya sendiri. Kesemuanya itu disorotinya dan dituliskannya dalam satu buku. – S.J.H. Damais

The post CERITA DARI GEDUNG ARCA : Serba Serbi Museum Nasional Jakarta (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/cerita-dari-gedung-arca-serba-serbi-museum-nasional-jakarta/feed/ 0
GAMBANG JAKARTE (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/gambang-jakarte/ https://komunitasbambu.id/product/gambang-jakarte/#respond Tue, 04 Jul 2017 15:46:09 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7355 Inilah kumpulan cerita-cerita tentang masyarakat Betawi-Jakarta oleh penulis sohor Betawi, Firman Muntaco. Kehidupan masyarakat Betawi semuanya tumpah ruah di sini.

The post GAMBANG JAKARTE (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Sebuah kumpulan cerita mengenai masyarakat Betawi-Jakarta dengan segala persoalannya yang khas, sangat menarik karena ditulis oleh penulis masyarakat Betawi-Jakarta paling terkemuka, Firman Muntaco, dengan gaya humor yang menyegarkan. Gambang Jakarte, sebagaimana banyak cerita-cerita yang ditulis oleh Firman Muntaco, adalah karya yang penting dan kreasi artistik yang memukau karena penuh keragaman, warna, format dan masukan paling kaya tentang kehidupan dan kebudayaan masyarakat Jakarta, khususnya orang Betawi.

The post GAMBANG JAKARTE (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/gambang-jakarte/feed/ 0
Catatan Dari Penjara: Untuk Mengamalkan dan Menegakkan Dinul Islam https://komunitasbambu.id/product/catatan-dari-penjara-untuk-mengamalkan-dan-menegakkan-dinul-islam/ https://komunitasbambu.id/product/catatan-dari-penjara-untuk-mengamalkan-dan-menegakkan-dinul-islam/#respond Tue, 04 Jul 2017 13:37:49 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7347 Inilah buku yang mengisahkan hari-hari seorang imam besar yang dituduh sebagai pemimpin dari jaringan teroris internasional.

The post Catatan Dari Penjara: Untuk Mengamalkan dan Menegakkan Dinul Islam appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Abu Bakar Ba’asyir, dialah orang yang paling diburu pemerintah asing, terutama Singapura, Amerika Serikat dan Australia. Ia dituduh sebagai pemimpin spiritual Jamaah Islamiyah, sebuah organisasi teroris internasional yang berhubungan dengan Al-Qaeda. Pemerintah Indonesia kemudian menyeretnya ke penjara dengan bukti-bukti yang tampaknya dipaksakan, bukan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Wajarlah bila banyak orang menilai bahwa Ba’asyir dihukum karena “pesanan” dari pemerintah asing.

The post Catatan Dari Penjara: Untuk Mengamalkan dan Menegakkan Dinul Islam appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/catatan-dari-penjara-untuk-mengamalkan-dan-menegakkan-dinul-islam/feed/ 0
ORANG INDONESIA DI KAMP KONSENTRASI NAZI: Autobiografi Parlindoengan Loebis (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/orang-indonesia-di-kamp-konsentrasi-nazi-autobiografi-parlindoengan-loebis/ https://komunitasbambu.id/product/orang-indonesia-di-kamp-konsentrasi-nazi-autobiografi-parlindoengan-loebis/#respond Mon, 03 Jul 2017 06:14:24 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7335 Inilah satu-satunya buku yang ditulis langsung oleh pelaku sejarahnya. Parlindoengan Loebis membagi kenangan-kenangannya ketika menjadi salah seorang tawanan asal Indonesia di kamp konsentrasi Nazi.

The post ORANG INDONESIA DI KAMP KONSENTRASI NAZI: Autobiografi Parlindoengan Loebis (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Otobiografi Parlindoengan Loebis ini adalah satu-satunya buku yang mengisahkan pengalaman orang Indonesia mengenai masa hidupnya di kamp konsentrasi Nazi. Pembaca dapat mengikuti riwayat hidup Loebis yang diliputi kejadian-kejadian mengerikan dalam gaya penceritaan yang lugas, tidak diperindah secara sastra, namun memperoleh dimensi yang lebih mengerikan lagi menyangkut kehidupannya ketika disekap dalam kamp konsentrasi Belanda yang terkenal kejam di Schoorl dan Amersfoort, dan di Jerman, yaitu di Buchenwald dan Sachsenhausen, sampai kapitulasi Jerman bulan Mei 1945.


Testimoni

Pembaca dapat mengikuti riwayat hidup Loebis yang diliputi kejadian-kejadian mengerikan dalam gaya penceritaan yang lugas, tidak diperindah secara sastra, namun memperoleh dimensi yang lebih mengerikan lagi. – Harry A. Poeze, Sejarawan dan Direktur KITLV Press

The post ORANG INDONESIA DI KAMP KONSENTRASI NAZI: Autobiografi Parlindoengan Loebis (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/orang-indonesia-di-kamp-konsentrasi-nazi-autobiografi-parlindoengan-loebis/feed/ 0
MELINTASI DUA JAMAN: Kenangan Tentang Indonesia Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan (Cet-1) https://komunitasbambu.id/product/melintasi-dua-jaman-kenangan-tentang-indonesia-sebelum-dan-sesudah-kemerdekaan/ https://komunitasbambu.id/product/melintasi-dua-jaman-kenangan-tentang-indonesia-sebelum-dan-sesudah-kemerdekaan/#respond Mon, 09 May 2016 06:16:06 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7008 Seorang perempuan berjuang untuk melawan diskriminasi rasial terhadap identitas dirinya yang peranakan. Inilah buku perjalanan hidup dari seorang Elien Utrecht yang berandil besar dalam konteks sejarah kolonial.

The post MELINTASI DUA JAMAN: Kenangan Tentang Indonesia Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
Kisah seorang anak zaman yang dibentuk dan membentuk konteks sejarah kolonial Hindia-Belanda, pendudukan Jepang, dan masa pasca kemerdekaan di Indonesia. Selalu dipandang lain karena darahnya ‘tidak murni’. Kenangan masa kecil dipenuhi apresiasi terhadap keindahan alam Indonesia. Namun, menjelang remaja ia mulai bertanya tentang ketidakadilan dan pola hubungan antar ras. Ia menjadi saksi atas harapan dan kegagalan revolusi. Ia juga menjadi pertemuan dua bangsa. Lahir dari darah dua bangsa, tetapi dikelompokkan sebagai masyarakat bangsa kolonial.


Testimoni

Elien Urtech (1921) melukiskan jalan hidupnya dengan tekanan utama pada periode Indonesia yang baru mereka. Ia menulis dengan cara yang sangat terkendali dan berimbang, sebagai seorang pengamat yang cerdas, dan tidak berpikir hitam-putih. Dalam genre kenang-kenangan tentang Hindia, buku ini tergolong bermutu, juga karena kehidupan di masa pemerintahan Soekarno yang jarang dilukiskan, serta menampilkan potret Ernst Utrecht secara memikat. – Dr. Harry A. Poeze, Sejarawan dan Direktur KITLV Press

Kenangan hidup Elien Urtech adalah sebuah kado yang tak ternilai bagi generasi sekarang. Sebuah cerita bagaimana seorang perempuan Indonesia, membuat pilihan-pilihan yang sulit dalam masa-masa yang sulit, menganyam kehidupan berkeluarga sebagai seorang ibu dan istri, berinteraksi dengan perkembangan dan pergolakan politik di sekitarnya, mencoba mengatasi dalam tindakan kesehariannya kecurigaan antar ras dan agama, jurang pemisah antara miskin dan kaya. Tantangan-tantangan yang dihadapi Elien di masa lalu masih relevan pada saat sekarang. – Galuh Wandita, Pekerja HAM di Timor Leste

The post MELINTASI DUA JAMAN: Kenangan Tentang Indonesia Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan (Cet-1) appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/melintasi-dua-jaman-kenangan-tentang-indonesia-sebelum-dan-sesudah-kemerdekaan/feed/ 0
Engineers of Happy Land https://komunitasbambu.id/product/engineers-of-happy-land/ https://komunitasbambu.id/product/engineers-of-happy-land/#respond Sat, 03 Oct 2015 03:43:43 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7845 The post Engineers of Happy Land appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
The post Engineers of Happy Land appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/engineers-of-happy-land/feed/ 0
Jakarta Kota Polusi: Menggugat Hak atas Udara Bersih https://komunitasbambu.id/product/jakarta-kota-polusi-menggugat-hak-atas-udara-bersih/ https://komunitasbambu.id/product/jakarta-kota-polusi-menggugat-hak-atas-udara-bersih/#respond Wed, 23 Sep 2015 08:26:32 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7691 The post Jakarta Kota Polusi: Menggugat Hak atas Udara Bersih appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
The post Jakarta Kota Polusi: Menggugat Hak atas Udara Bersih appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/jakarta-kota-polusi-menggugat-hak-atas-udara-bersih/feed/ 0
Islam dan Pancasila Sebagai Dasar Negara: Studi tentang Perdebatan dalam Konstituante https://komunitasbambu.id/product/islam-dan-pancasila-sebagai-dasar-negara-studi-tentang-perdebatan-dalam-konstituante/ https://komunitasbambu.id/product/islam-dan-pancasila-sebagai-dasar-negara-studi-tentang-perdebatan-dalam-konstituante/#respond Wed, 23 Sep 2015 08:02:15 +0000 https://komunitasbambu.id/?post_type=product&p=7687 The post Islam dan Pancasila Sebagai Dasar Negara: Studi tentang Perdebatan dalam Konstituante appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
The post Islam dan Pancasila Sebagai Dasar Negara: Studi tentang Perdebatan dalam Konstituante appeared first on Komunitas Bambu.

]]>
https://komunitasbambu.id/product/islam-dan-pancasila-sebagai-dasar-negara-studi-tentang-perdebatan-dalam-konstituante/feed/ 0