Rusmin Tumanggor

Rusmin Tumanggor

Rusmin Tumanggor, kelahiran Barus, Sumatra Utara ini adalah Guru Besar Antropologi kesehatan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Jakarta. Pria Batak ini lahir pada 14 Februari 1947. Ia memperoleh gelar doktoralnya di bidang antropologi kesehatan Universitas Indonesia pada 1999. Sebagai seorang akademisi, ia juga pernah membuat tulisan untuk Jurnal Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Jakarta, STAIN Bengkulu, Kemenag RI, dan Kemensos RI.

Adapun beberapa karyanya yang berbentuk jurnal, antara lain “Kerukunan Hidup Beragama Dalam Perspektif Antropologis” (2001); “Kebudayaan Dan Agama: Mengkritisi Acuan Hidup Masyarakat” (2001); “Kerukunan Hidup dalam Konsepsi Lintas Etnis di DKI Jakarta” (2003); “Kajian Penelitian Antropologi: Dari Konsep Universal Hingga ke Barus” (2003), dan lain-lain. Karya-karyanya yang berupa buku, yaitu Siapakah Yang Tergolong Berpenghasilan Rendah di DKI Jakarta dalam Golongan Miskin di Jakarta (Pusat Pembinaan Sumberdaya Manusia (PPSM) YTKI/FES: 1980); Perumahan Liar dan Perilaku Menyimpang dalam Sumber Pendapatan, kebutuhan Pokok dan Perilaku Menyimpang (CV Radjawali dan Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial [YIIS] Jakarta: 1982); Ilmu Jiwa Agama (The Psychology of Religion) (Ulinnuha Press: 2002); Tim Penulis Pohon Ilmu Kesehatan Tradisional Indonesia (Litbangkes Kemenkes RI, 2016), dan lain-lain.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>