Reggie Baay

Reggie Baay

Reggie Baay adalah seorang penulis sekaligus publisis. Berbeda dengan kedua orangtuanya yang dilahirkan di Indonesia, ia dilahirkan di Leiden, Belanda pada 1955. Ia kuliah bahasa dan sastera Belanda di Universitas Leiden serta memusatkan perhatiannya pada sastera kolonial dan pascakolonial. Pada 1985–2005, ia merupakan redaktur majalah Indische Letteren dan telah mempublikasikan banyak artikel di bidang sejarah dan sastera kolonial.

Roman otobiografi Reggie Baay yang berjudul De Ogen van Solo diterbitkan pada 2006 di Belanda. Roman ini berkisah mengenai sejarah seorang ayah Indies dilihat dari kacamata sang anak. Hingga 2010 roman tersebut telah dicetak sebanyak tiga kali. Pada 2008 terbit bukunya yang berjudul De Njai: Het Concubinaat in Nederlands-Indië. Buku ini merupakan sebuah studi mengenai sejarah nenek moyang Indies, yaitu gundik Pribumi bagi orang Eropa di masa kolonial Hindia Belanda. Kemunculan buku ini membawa pengaruh yang sangat banyak dan dapat disebut sebagai pendobrak ketabuan. Kalangan pers pun menyambut buku ini dengan penuh pujian. Baru dua minggu setelah kemunculannya, buku ini pun harus dicetak kembali. Sampai 2010 buku De Njai: Het Concubinaat in Nederlands-Indië, telah naik cetak sebanyak lima kali.

Pada Mei 2010, Reggie Baay meluncurkan karya terbarunya yang berjudul Portret van Een Oermoeder. Beelden van De Njai in Nederlands-Indië, sebuah buku berisi kumpulan foto dan gambar nyai di masa Hindia Belanda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>