Onghokham

Onghokham

Onghokham sapaan akrabnya Sinyo Hans, Baba Ong, Onze Ong, adalah seorang sejarawan dan cendekiawan Indonesia. Beliau lahir di Surabaya 1 Mei 1933. Terlahir sebagai “Cina Peranakan”, beliau menyelesaikan pendidikannya di Europese Lagere School (ELS) sekitar tahun 1950-an, setelah itu melanjutkannya ke Hogere Burger School (HBS). Beliau mulai tertarik mendalami Ilmu Sejarah saat diajarkan oleh Boeder Rosarius guru sejarah yang membuatnya kagum di HBS. Beliau menyukai Sejarah karena peristiwanya dramatis, mulai saat itu beliau rajin melahap buku buku sejarah untuk dia baca. Beliau melanjutkan Studinya ke FH UI pada 1955, kemudian pindah ke jurusan Ilmu Sejarah FSUI akhir 1950an. Kepindahan inilah yang membuat karirnya cemerlang. Menyelesaikan Skripsinya dengan judul “Runtuhnya Hindia Belanda” pada 1968.

Beliau melanjutkan studinya di Yale University sampai mendapatkan gelar doktor dengan disertasi berjudul ”The Residency Of Madiun: Priyayi and Peasant in the Nineteeth Century”  di sana pada tahun 1975. Sekembalinya dari sana beliau aktif mengajar di FSUI sampai pensiun tahun 1989. Setelah pensiun beliau menghabiskan waktunya lebih banyak sebagai pengisi kolom sejarah di koran dan majalah serta aktif menjadi pembicara di berbagai forum dan seminar.

Beliau terkena serangan stroke saat mau menghadiri perayaan 80 tahun Pak Sartono di Jogja, Februari 2001. Ia pun langsung dilarikan ke RS Panti Rapih, dan semenjak itu beliau harus memakai kursi roda.  Keadaannya saat itupun tidak membuat berhenti beraktifitas ia tetap menulis. Setelah kurang lebih 6 tahun terkena stroke Beliau meninggal dunia pada tanggal 30 Agustus 2007.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>