H.C.C Clockener Brousson

H.C.C Clockener Brousson

Brousson adalah seorang perwira veteran Perang Aceh yang sangat tertarik pada jurnalisme. Selain pernah menjadi wartawan koran tentara Soldatenkrant yang terkenal di Batavia, Brousson juga memiliki majalah Bandera Wolanda. Selain itu, dia bekerja sama dalam bidang jurnalisme dengan tokoh-tokoh pers Indonesia seperti Abdul Rivai serta Tirto Adhi Suryo.

Dia sesungguhnya hanyalah peramu kisah itu dan bukan si pengelananya sendiri. Si pengelana, tak lain seorang bekas serdadu bayaran Belanda berinisial XYZ yang mengirimkan catatannya (gedenkschriften) ke meja Brousson agar bisa dimuat untuk khalayak pembaca harian bersirkulasi cukup luas saat itu (Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Semenanjung Malaya). Apalagi harian ini juga dilanggan luas baik oleh Departemen Perang, Departemen Pendidikan, dan Peribadatan Umum, maupun Industri.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>