George McTurnan Kahin

George McTurnan Kahin

George McTurnan Kahin (25 Januari 1918-29 Januari 2000) adalah salahsatu ahli kajian Asia Tenggara dan kritikus terkemuka keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam. Kahin mendapatkan gelar sarjananya dari Harvard University pada 1940, magisternya dari Stanford pada 1940, dan gelar doktoralnya dari Johns Hopkins pada 1951.

Ia masuk tentara selama Perang Dunia II dan tinggal di Indonesia selama 1948-1949, masa perang kemerdekaan Indonesia. Kahin mendapatkan penghargaan Medal of Merit First Class di Indonesia pada 1991. Penghargaan ini “untuk menghormatinya sebagai pionir kajian Indonesia di Amerika” serta “tanda terimakasih dan penghormatan atas jasanya mempropagandakan dan membantu perjuangan rakyat Indonesia di masa revolusi”

Kahin mulai bekerja pada Cornell University sejak 1951 sebagai asisten profesor pemerintahan dan menjadi direktur eksekutif Southeast Asia Program yang baru dibentuk sampai 1970. Ia juga mendirikan Cornell Modern Indonesia Project pada 1954 dan menjadi direkturnya sampai mengundurkan diri pada 1998.

Selain Nasionalism and Revolution in Indonesia yang terbit pada 1952, buku Kahin paling berpengaruh berjudul The United States in Vietnam. Judul ini ditulis bersama John W. Lewis dan diterbitkan pada 1960-an. Buku ini membuat dunia universitas menentang intervensi Amerika di Vietnam.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>