G.J. Resink

 G.J. Resink

G.J. Resink adalah seorang ahli hukum, penyair, dan sejarawan yang lahir di Yogyakarta pada 11 Oktober 1911. Pada 1930 ia lebih memilih masuk dalam salahsatu Sekolah Tinggi Hukum di Batavia. Tulisan pertamanya dalam bidang sejarah hukum diterbitkan pada 1939. Ia menjadi guru besar Hukum di Universitas Indonesia pada 1947. Lalu pada 1950, Resink mengajar mata kuliah Hukum Internasional dan Hukum Perselisihan.

Resink dibebaskan dari tugas mengajar pada 1957 dan beralih ke penelitian cetak. Ia pun pernah menjadi peneliti di School of Oriental and African Studies (SOAS) selama periode. Ia juga terkenal di sasterawan Belanda sebagai penulis sajak mulai dari 1941. Karyanya di bidang sastera diterbitkan di multibahasa baik di dalam maupun di luar negeri. Beberapa tulisan yang terkenal adalah “Passe-partout om geschiedschrijvers over Indonesie”, “Conflictenrech van de Nederlandsch-Indiesche staat di setting internationaalrechtelijke” dan “Volkenrecht in vroeger Makassar”.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>