Firman Lubis

Firman Lubis

Firman Lubis lahir di Jakarta pada 22 Oktober 1943. Seluruh hidupnya sejak lahir, semasa kecil, bersekolah, menjadi mahasiswa, bekerja hingga sekarang dihabiskannya di Jakarta. Dia berdarah campuran Batak, Jawa dan Betawi karena ibunya campuran Jawa dan Betawi. Latarbelakang pendidikannya adalah dokter medis yang diselesaikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pada 1968. Sesudah itu, dia bekerja sebagai staf pengajar di Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan (kemudian menjadi Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas) FKUI sampai sekarang. Selain menjadi guru besar di FKUI, dia juga aktif dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan melalui berbagai organisasi non pemerintah (NGO) atau lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Walaupun pendidikannya dokter medis, dia tertarik dengan bidang sejarah, sekaligus juga sebagai hobinya. Ketertarikannya didorong pengalamannya ketika tinggal di Negeri Belanda pada 1971. Ketika itu ia banyak melakukan diskusi dengan teman-temannya yang kebanyakan sarjana sosial dari Universiteit Leiden mengenai hubungan antara Belanda dan Indonesia. Tentu saja ia mengalami kesulitan dalam berdiskusi karena memang bukan bidangnya. Oleh sebab itu, ia kemudian banyak membaca dan mempelajari mengenai sejarah hubungan Belanda dan Indonesia agar bisa mendebat lawan diskusinya. Selain mempelajari sejarah hubungan Indonesia-Belanda, dia juga tertarik kepada sejarah kota kelahirannya, Jakarta. Untuk ini, dia banyak mengoleksi berbagai buku-buku sejarah Jakarta, baik yang ditulis oleh penulis asing maupun penulis dalam negeri. Pada 2006, dia turut mendirikan Perhimpunan Sejarah Kedokteran Indonesia (Persekin) yang bertujuan untuk mempelajari lebih dalam mengenai sejarah kedokteran di Indonesia.

Buku ini adalah buku ketiganya. Sebelumnya dia sudah menuangkan kenangannya semasa remaja di Jakarta tahun 1950-an dalam buku berjudul Jakarta 1950-an: Kenangan Semasa Remaja (2008) dan Jakarta 1960-an: Kenangan Semasa Mahasiswa (2008) yang diterbitkan oleh Masup Jakarta.

Dia menikah dan mempunyai dua orang anak laki-laki yang sudah menyelesaikan pendidikan tingginya di Universitas Indonesia. Sekarang tinggal di Perumahan Dosen UI No. 100, Ciputat, Tangerang Selatan. Dia bisa dihubungi melalui e-mail di flubis@rad.net.id.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>