Edi Sedyawati

Edi Sedyawati

Edi Sedyawati adalah seorang arkeolog dan sejarawan Indonesia. Dia juga seorang profesor arkeologi di Universitas Indonesia. Sedyawati menjadi Ketua Departemen Universitas untuk Sastra Jepang dan Pusat Ilmu Sosial dan Humaniora. Dia juga menjabat sebagai Ketua Departemen Tari di Institut Kesenian Jakarta. Selain itu dia juga pernah menjabat sebagai Dirjen Kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari 1993 sampai 1999.

Dia juga belajar banyak ragam tari Indonesia di Ikatan Seni Tari Indonesia. Pada 1961 dia pernah tampil dalam rangka misi budaya Indonesia ke Cina, Korea Utara, Vietnam Utara, dan Uni Soviet. Meskipun tujuan utama dari misi budaya ini adalah diplomasi lunak bagi sekutu Indonesia, pada 2006 Sedyawati menulis bahwa para pemain terutama diuntungkan oleh jaringan dengan orang Indonesia dari latar belakang budaya yang beragam dan belajar tentang berbagai gaya tari serta seni pertunjukan di Nusantara.

Pada 1960, karyanya mengenai patung berukir dekat Karawang berhasil membuktikan bahwa Kerajaan Tarumanegara Kuno memeluk Hindu.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>