Clifford Geertz

Clifford Geertz

Clifford Geertz adalah seorang antropolog Amerika yang memiliki ketertarikan khusus terhadap Indonesia. Ia lahir pada 23 Agustus 1926 di Chicago, Amerika Serikat.

Ia meraih gelar kesarjanaanya pada tahun 1950 dari Antioch College, Ohio setelah mengabdikan dirinya di angkatan laut Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Pada 1956, Geertz meraih gelar Ph.D di bidang antropologi sosial dari Universitas Harvard. Pada 1960 hingga 1970, ia bekerja sebagai staf antropologi di Universitas Chicago. Kemudian dari tahun 1970 hingga 2000 Geertz mengabdikan dirinya di Institute for Advanced Study , Universitas Princeton hingga menjadi profesor emeritus.

Geertz wafat pada 30 Oktober 2006 di Philadelphia. Karya-karya Geertz mulut: Agama Jawa yang mempopolerkan istilah santri, priyai , dan abangan ; Islam Diamati: Pembangunan Agama di Maroko dan Indonesia , Interpretasi Budaya: Tulisan Pilihan ; Negara: The Theatre State di abad ke-19 Bali ; dan Politik Kebudayaan, Identitas Asia di Dunia yang Tercerai-berai .

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>